Jumat, 14 November 2014

Prakerin SMK Negeri 6 Malang

Prakerin adalah "Praktek Kerja Industri", kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh siswa-siswi SMK, khususnya di SMK Negeri 6 Kota Malang. Sekolah yang terletak di Jl. Ki Ageng Gribig 28 Madyopuro Kota Malang itu memiliki 8 Kompetensi Keahlian, diantaranya:
  1. TKJ, (Teknik Komputer dan Jaringan)
  2. RPL, (Rekayasa Perangkat Lunak)
  3. TKR, (Teknik Kendaraan Ringan)
  4. OTO, (Teknik Ototronik)
  5. TAB, (Teknik Alat Berat)
  6. TPM, (Teknik Pemesinan)
  7. TGB, (Teknik Gambar Bangunan)
  8. TITL, (Teknik Instalasi Tenaga Listrik)
Siswa prakerin yang di tempatkan di DU/DI di tujukan agar para siswa-siswi belajar untuk bekerja di industri yang mereka tempati, dengan peraturan tata tertib yang di tentukan tempat industri tersebut. Tujuannya adalah agar para siswa prakerin mengetahui bagaimana cara bekerja dan mengembangkan wawasan mereka dalam hal dunia usaha atau dunia industri.

Dari masing-masing jurusan mengirimkan siswa-siswi nya untuk prakerin di kelas XI. Prakerin dilaksanakan selama 1 semester, atau bisa jadi hanya 3 bulan, di sesuaikan dengan kebijakan sekolah. Jurusan TKJ adalah jurusan yang bergerak di bidang IT yang mempelajari tentang komputer dan networking. Kebanyakan siswa prakerin jurusan TKJ di tempatkan di toko-toko komputer dan kantor ISP (Internet Service Provider).

Jurusan RPL adalah jurusan yang bergerak di bidang komputer yang mempelajari tentang pembuatan software-software yang memudahkan pekerjaan admin untuk administrasi industri.

Jurusan lain akan dibahas lebih lanjut di postingan berikutnya.. ^_^

Merapikan Kabel Jaringan
Lembur Instalasi Komputer Lab
Edisi bersih-bersih Lab


0 komentar:

Posting Komentar